Kompolnas Apresiasi Seleksi Tingkat Pusat Penerimaan Taruna Akpol Tahun Anggaran 2021

Kompolnas Apresiasi Seleksi Tingkat Pusat Penerimaan Taruna Akpol Tahun Anggaran 2021

SEMARANG – Kompolnas selaku pengawasan eksternal Polri menghadiri kegiatan Sidang Kelulusan Seleksi Tingkat Pusat Penerimaan Taruna Akademi Kepolisian (Akpol) Tahun Anggaran 2021. Kegiatan sidang kelulusan tersebut dibuka oleh Plt. AS SDM Kapolri Brigjen Pol Jawari yang juga merupakan Ketua Pelaksana Seleksi Catar.

Acara berlangsung di ruang Auditorium Graha Cendika Akpol Semarang, dihadiri para Pejabat Utama, Plt. AS SDM Kapolri Drs. Jawari, S.H., M.H., Gubernur Akpol Irjen Pol. Drs. Suroto, M.Si., para Karo SSDM Polri, Ombudsman, panitia, pengawas internal, Kompolnas RI selaku pengawas eksternal, calon taruna/taruni beserta orang tua. Diketahui, peserta taruna/taruni Akpol di Semarang pada tahun ini berjumlah 203 orang, terdiri dari 173 putra dan 30 putri.

Dalam kata sambutannya dalam acara tersebut, Sekretaris Kompolnas Benny Jozua Mamoto menyampaikan apresiasi terhadap penyelenggaraan seleksi tersebut.

“Saya menyampaikan salam dan apresiasi terhadap penyelenggaraan seleksi ini. Dengan indikator, dalam kondisi dan situasi menghadapi pandemi Covid-19 sekarang ini berdasarkan data, zero atau tidak ada satu orang pun dalam seleksi ini terkena Covid-19. Tentunya, ini bisa tercipta tentunya atas kerjasama, sinergi, disiplin, kemudian juga rasa kebersamaan dari semua  pihak, baik dari panitia, staf, maupun peserta,” ucap Benny dalam pidato sambutannya di Auditorium Graha Cendika Akpol Semarang, Kamis (29/07/2021).

Benny menilai, akuntabilitas dan transparansi sistem seleksi Akpol terus meningkat dari tahun ke tahun. Ini ketahui, karena seleksi disaksikan secara langsung oleh masyarakat.

“Saya melihat, dari tahun ke tahun, sistem seleksi (Akpol) terus menerus ditingkatkan akuntabilitas dan transparansinya. Ini bisa diketahui, karena seleksi disaksikan secara real time oleh masyarakat. Sehingga tidak ada kecurigaan atau tidak ada kesangsian dalam pantauan masyarakat. Sehingga penyelenggaraan seleksi ini benar-benar akuntabel dan tranparan,” ungkap Benny.

Benny mengakhiri kata sambutannya dengan mengucapkan terima kasih atas kegiatan Seleksi Akpol TA 2021 ini karena kegiatan Seleksi Akpol TA 2021 dapat berjalan dengan sukses dan berhasil.

“Saya mengucapkan terima kasih karena kegiatan seleksi Akpol TA. 2021 dapat berjalan dengan sukses dan berhasil,” pungkas Benny.

Diketahui, Akpol adalah sebuah lembaga pendidikan untuk mencetak Perwira Polri. Unsur pelaksana pendidikan pembentukan Perwira Polri Akpol berada di bawah Lembaga Pendidikan dan Latihan (Lemdiklat) Polri. Berdasarkan Peraturan Kapolri Nomor 21 Tahun 2010, Akpol bertujuan menyelenggarakan pendidikan pembentukan Perwira Polri tingkat akademi dan lama pendidikan adalah 4 tahun (8 Semester) dengan output pangkat Inspektur Polisi Dua (Ipda). Pendekatan pendidikan melalui metode pembelajaran, pelatihan, dan pengasuhan. Akpol tergabung sebagai anggota INTERPA (International Association of Police Academies) dari 36 negara anggota lainnya. []