Kompolnas Apresiasi Respons Cepat Bidpropam Polda Metro soal Cekcok di Saat Penyekatan Jalan

Kompolnas Apresiasi Respons Cepat Bidpropam Polda Metro soal Cekcok di Saat Penyekatan Jalan

JAKARTA - Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) menanggapi positif kesigapan jajaran Bidang Profesi dan Pengamanan (Bidpropam) Polda Metro Jaya terhadap 3 orang oknum Polres Metro Jakarta Barat (Polrestro Jakbar) yang cekcok dengan anggota Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) saat penyekatan jalan.

Komisioner Kompolnas Poengky Indarti mengatakan Bidpropam Polda Metro Jaya dengan profesional mengedepankan fungsi pengawasannya.

"Setiap ada kasus yang diduga melibatkan anggota, maka pengawas internal Polri dalam hal ini Propam memang harus sigap melakukan pemeriksaan dan pengawasan," kata Poengky kepada wartawan, Sabtu (10/7/2021).

Ia berharap kejadian tersebut tidak berpengaruh pada melemahnya soliditas dan sinergitas antara Polri-TNI.

"Jangan sampai kesalahpahaman kecil ini justru menimbulkan gesekan," ujarnya.

Sebelumnya, Bidpropam Polda Metro Jaya telah melakukan klarifikasi terhadap tiga anggota kepolisian dari Satuan Reskrim Polres Metro Jakarta Barat pasca insiden di pos penyekatan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, Jalan Daan Mogot, Kalideres, Jakarta Barat pada Rabu (7/7/2021) tersebut.

Dikabarkan, ketiga anggota tersebut juga diperiksa lebih mendalam oleh Bidpropam Polda Metro Jaya yang terdiri dari unsur Provos dan Pengamanan Internal (Paminal).

"(Diperiksa oleh tim) gabungan," kata sumber di lingkungan Bidpropam Polda Metro Jaya, Jumat (9/7/2021). []