Kompolnas Apresiasi Pelayanan Khusus Ibu Hamil Samsat Jakarta Barat

Kompolnas Apresiasi Pelayanan Khusus Ibu Hamil Samsat Jakarta Barat

Jakarta- Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) mengapresiasi atas baiknya pelayanan khusus oleh kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat), Daan Mogot, Cengkareng, Jakarta Barat, yang melayani kalangan ibu hamil dan Lansia dengan cepat dan tanpa antrian.

Komisioner Kompolnas, Poengky Indarti menuturkan, kebijakan yang diterapkan Samsat Jakarta Barat sangat mengutamakan sikap humanis.

"Alhamdulillah. Senang mendengar testimoni-testimoni tentang pelayanan Samsat Jakarta Barat yang ramah terhadap ibu hamil dan lansia, melaksanakan tugas sebaik-baiknya, dalam artian bersikap humanis, ramah-senyum-sapa-salam, mampu memberikan informasi dengan baik, melaksanakan tugasnya dengan cepat," ujar Poengky, Kamis (5/8/2021).

Poengky menambahkan, pelayanan yang diberikan kantor Samsat Jakarta Barat dinilai sudah menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia (HAM).

"Penghormatan kepada orang-orang yang masuk dalam prioritas tersebut menunjukkan penghormatan terhadap hak asasi manusia," imbuhnya.

Lebih lanjut, Poengky berharap, kinerja positif yang diberikan Samsat Jakarta Barat dapat terus dipertahankan dan bisa menjadi tolak ukur untuk instansi lain, dalam memberikan pelayanan publik.

Sebelumnya diberitakan, seorang wanita yang sedang hamil bernama Wita Septia, turut memberikan respon positif atas kebijakan yang diberlakukan oleh kantor Samsat Jakarta Barat.

Wanita yang sehari-hari berprofesi sebagai karyawan swasta ini, mendapat perhatian khusus dari petugas pelayanan saat dirinya melakukan proses pembayaran pajak kendaraan tahunan.

Ia mengungkapkan, saat akan memasuki unit Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK)-nya dikomandoi oleh AKP Riko Fermi ini, petugas langsung dengan sigap membantu dan membedakan alur pelayanan.

"Bagus. Alhamdulillah, sudah ada fast track untuk ibu hamil," ujar Wita kepada wartawan, Senin (2/8/2021).

Wita mengungkapkan, dengan adanya pelayanan khusus bagi kalangan ibu hamil tersebut, yang tanpa antrian membuat proses yang dilalui tak membutuhkan waktu lama.

"Jadi lebih mudah dan cepat untuk bumil dan lansia," ungkap Wita.

Lebih lanjut, Wita berharap Samsat Jakarta Barat dapat terus mempertahankan sistem pelayanan yang menurutnya sudah sangat baik.

"Semakin maju ya Samsat Jakarta Barat (Sambar)," ucapnya. [zf/kp]