Kompolnas Apresiasi Langkah Propam atas Polisi Penyalahguna Narkoba

Kompolnas Apresiasi Langkah Propam atas Polisi Penyalahguna Narkoba

JAKARTA – Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) mengapresiasi atas kebijakan Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) Polri memberikan pembinaan dan pemulihan profesi bagi polisi yang terlibat penyalahgunaan narkoba.

Ketua Harian Kompolnas Irjen Pol. (Purn) Benny Mamato mengatakan, anggota Polri yang terlibat penyalahgunaan narkoba perlu diberikan pembinaan, sama seperti masyarakat lainnya menjalani rehabilitasi dan pemulihan.

"Para penyalahguna narkoba, harusnya dilihat sebagai masalah kesehatan. Artinya, orang sakit perlu ditangani, direhabilitasi, dan dipulihkan," kata Benny kepada wartawan Antara, Senin (16/5).

Ia menjelaskan, anggota Polri yang terlibat penyalahgunaan narkoba yang dibiarkan atau dipecat, justru berpotensi menjadi ancaman baru dalam upaya pencegahan, pemberantasan penyalahgunaan, dan peredaran gelap narkoba (P4GN).

"Bayangkan, kalau ratusan anggota yang terlibat penyalahgunaan narkoba dipecat, maka mereka akan terus mengonsumsi narkoba dan akan direkrut oleh sindikat narkoba. Ini menjadi ancaman baru, karena mereka sudah terlatih. Di sisi lain, negara sangat rugi karena untuk merekrut dan mendidik mereka menjadi polisi biayanya besar," ungkap Benny. []