Kompolnas Apresiasi Kemenkumham RI Beri Remisi terhadap Napi Anak

Kompolnas Apresiasi Kemenkumham RI Beri Remisi terhadap Napi Anak

JAKARTA - Komisi Kepolisian Nasional  (Kompolnas)  mengapresiasi pemberiaan remisi oleh Ke-menteriaan Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Republik Indonesia kepada para na-rapidana anak pada Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-76 Tahun.
“Pelaksanaan remisi kepada napi anak  oleh Kemenkumham RI, ini sudah sesuai dengan peraturan-peraturan terkait, semisal UU Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan, PP Nomor 32 Tahun 1999 tentang Syarat dan Tata Cara Pelaksanaan Hak Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Maupun Perpres 174 Tahun 1999,serta Permenkumham RI, Nomor 3 Tahun 2018 tentang Pemberian Remisi kepada Warga Binaan Pemasyarakatan Maupun Peraturan Terkait,” ungkap Anggota Kompolnas, Mohammad Dawam, Kamis (19/8/2021).
Dawam mengatakan, Hari Kemerdekaan RI yang ke-76 adalah momentum yang baik dan keputusan yang bijak oleh negara kepada rakyatnya. Kebijakan tersebut berupa remisi, baik remisi I maupun II. Tentu dalam pelaksanaan Peraturan ini pun, telah dilakukan telah yang cukup mendalam sehing-ga penerapan kebijakan remisi ini pun sudah melalui prosedur yang berlaku.
“Saya sependapat sebagaimana yang disampaikan Menkumham RI, pada prinsipnya dalam pelaksanaan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) ini bukan semata-mata bentuk kemudahan bagi WBP cepat bebas, namun memiliki makna mulia jika dikaitkan dengan makna Kemerdekaan Indo-nesia. Yakni negara ikut serta mendorong dan memberi semangat motivasi bagi segenap tumpah darah Indonesia tak terkecuali kepada WBP untuk terus berkiprah membangun Indonesia dari berbagai sisi dan aktivitasnya,”ucap Gus Dawam sapaan akrab Mohammad Dawam.
“Kita semua berharap rekan-rekan WBP ini sekembalinya ke masyarakat akan kian bermanfaat bagi keluarga dan masyarakat sekitarnya dengan tetap dan terus semangat bahwa semua perjalanan hidup ini adalah proses pembelajaran yang belum selesai dan perlu terus untuk diikhtiarkan untuk menjadi lebih baik kedepannya,” imbuhnya. [fer/zf]