Kompolnas Apresiasi Kapolres Katingan  Evakuasi Warga Terdampak Banjir

Kompolnas Apresiasi Kapolres Katingan Evakuasi Warga Terdampak Banjir

JAKARTA - Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) apresiasi aksi Kapolres Katingan, Kalimantan Tengah bersama jajarannya dalam upaya mengevakuasi warga yang terdampak banjir.

Juru bicara Kompolnas Poengky Indarti menyampaikan, pihaknya mengapresiasi tindakan Kapolres Katingan, yang secara langsung turun ke lapangan untuk membantu proses evakuasi warga.

"Kami mengapresiasi Kapolres Katingan Polda Kalteng yang langsung turun ke lapangan membantu evakuasi korban banjir di wilayahnya,” ujar Poengky, Kamis (26/8/2021).

Menurut Poengky, apa yang dilakukan Kapolres Katingan sangat bermanfaat tak hanya untuk masyarakat namun juga bagi institusi. Hal tersebut patutnya menjadi panutan bagi jajaran kepolisian lain.

“Oleh karena itu contoh yang diberikan Kapolres secara langsung turun ke lapangan akan menjadi contoh yang baik bagi anak buah. Selain itu AKBP Paulus Sonny yang baru saja menjabat sebagai Kapolres Katingan tentu akan segera dikenal masyarakat Katingan serta kerjasama yang baik dengan Forkopimda akan menguatkan sinergi Polri dengan instansi-instansi lainnya," imbuh  Poengky.

Lebih lanjut, Poengky juga berpendapat, terkait aksi Kapolres Katingan tersebut, dapat mengisyaratkan bahwa negara juga memperhatikan masyarakat, terlebih di masa pandemi covid-19 sekarang ini.

"Pada masa pandemi Covid-19, ditambah dengan bencana banjir di Katingan, masyarakat sangat membutuhkan kehadiran negara. Dengan hadirnya Kapolres secara langsung membantu korban banjir, menunjukkan negara hadir untuk masyarakat," sambungnya.

Poengky juga berharap, apa yang telah dilakukan Kapolres Katingan bersama dengan jajarannya, dapat terus dipertahankan.

“Saya berharap turba dan blusukan sebagaimana dicontohkan Presiden Joko Widodo akan terus dilaksanakan. Pemimpin yang dekat dengan masyarakat pasti akan dicintai masyarakat," ujar Poengky

Diketahui, sejumlah wilayah di Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah, tengah terendam banjir yang diakibatkan oleh curah hujan yang cukup tinggi.

Jajaran kepolisian Kalimantan Tengah bersama dengan pemerintah daerah, bekerja sama mengevakuasi warga yang terdampak banjir.

Di lain kesempatan, Kapolres Katingan AKBP Paulus Sonny Bhati Wibowo menyampaikan, pihaknya bersama dengan TNI dan Pemda setempat, dengan intensif memantau langsung perkembangan evakuasi warga yang terdampak banjir. Bahkan Sonny sendiri juga ikut turun tangan membantu proses evakuasi warga.

"Semoga proses evakuasi dapat berlangsung lancar dan dengan selamat," ujar Sonny pada Rabu (25/8/2021).

Sonny juga menjelaskan, tepatnya lokasi yang terdampak banjir berada di Desa Samba Danum. Dia mengatakan lokasi tersebut memang langganan banjir, namun untuk tahun ini terjadi cukup parah.

Dalam proses evakuasinya, aparat mengevakuasi warga dari tempat tinggalnya, kemudian membawa warga dengan sampan ke tempat yang lebih aman. [kp/zf]