Kompolnas Apresiasi Kapolda Sumsel Menyampaikan Permohonan Maaf Terbuka

Kompolnas Apresiasi Kapolda Sumsel Menyampaikan Permohonan Maaf Terbuka

JAKARTA - Anggota Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas), Poengky Indarti menyambut baik sikap Kapolda Sumsel. Ia mengatakan, dengan permintaan maaf itu kegaduhan sumbangan Rp2t dapat segera berakhir.

“Kami mengapresiasi Kapolda Sumatera Selatan yang sudah secara terbuka meminta maaf kepada pimpinan Polri, Forkopimda dan Rakyat Indonesia atas kegaduhan yang ditimbulkan. Kompolnas berharap dengan permohonan maaf ini polemik donasi 2T segera berakhir,” kata Poengky, Kamis (5/8/2021).

Sebelumnya, Kapolda Sumatera Selatan (Sumsel) Irjen Pol Eko Indra Heri telah menyampaikan permintaan maafnya atas kegaduhan sumbangan fiktif Rp2triliun dari keluarga Akidi Tio melalui anaknya Heryanty Tio.

Poengky menuturkan, proses hukum polemik sumbangan fiktif tersebut juga harus segera diselesaikan dengan meminta keterangan Heryanty Tio dan temannya yang lain.

“Di sisi lain, Kompolnas mendukung Polda Sumsel untuk meminta keterangan Heriyanti dan saksi-saksi lain terkait janji donasi uang warisan Alm. Akidi Tio sebesar Rp2t kepada masyarakat Palembang dan Sumatera Selatan yang terdampak COVID-19,” ujar Poengky.

Menurut Poengky, kasus yang menyeret institusi Polri seperti itu jangan sampai terulang lagi dan. Meski ada niat baik, harus tetap mengedepankan prinsip teliti.

“Kasus ini bisa menjadi evaluasi kita bersama. Meski ada niat baik untuk membantu masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19, tetapi kita tetap harus mengedepankan prinsip kehati-hatian,” tutupnya. []