Kompolnas Apresiasi Beragam Inovasi Polri dalam Upaya Peningkatan Pelayanan Publik

Kompolnas Apresiasi Beragam Inovasi Polri dalam Upaya Peningkatan Pelayanan Publik

JAKARTA -Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) menyampaikan apresiasi terhadap beragam langkah inovatif Polri dalam upaya meningkatkan pelayanan publik. Apresiasi tersebut secara khusus dinyatakan Ketua Kompolnas Mahfud MD dalam Rapat Pleno Kompolnas yang juga dihadiri Wakil Irwasum Polri Irjen Pol. Agung Wicaksono, di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Kamis (19/8/2021).
Menurut Mahfud, apresiasi yang tinggi patut diberikan kepada Kapolri dan jajarannya atas berbagai upaya inovasi dalam pelayanan kepada masyarakat selama setahun terakhir ini. “Seperti Tilang Elektronik (ETLE), pembuatan SIM online (SINAR), Dumas Presisi, SP2HP online, call center 110, dan sebagainya. Kesemua inovasi tersebut bertujuan untuk meningkatkan pelayanan Polri kepada masyarakat”, ujar Mahfud.
Menurutnya, inovasi pelayanan oleh Polri tersebut sejalan dengan tantangan di era Revolusi Industri 4.0. Melalui langkah-langkah inovasi tersebut, diharapkan masyarakat akan merasa lebih terlayani secara cepat, transparan, akuntabel, efektif, dan efisien. 
Rapat Pleno Kompolnas tersebut secara khusus membahas dua agenda utama. Pertama,  evaluasi pelaksanaan tugas Kompolnas selama satu tahun sejak dilantik oleh Presiden pada tanggal 19 Agustus 2020 lalu. Kedua, peningkatan sinergi Kompolnas dan Polri dalam bentuk integrasi aplikasi e-Lapor yang dikelola Kompolnas dan aplikasi Dumas Presisi yang dikelola Itwasum Polri.
Berkenaan dengan agenda pertama, ditandai dengan pembahasan sekaligus penyerahan satu bundel Laporan Tahunan Kinerja Kompolnas Tahun 2020 – 2021 oleh Sekretaris Kompolnas Benny Jozua Mamoto kepada Ketua Kompolnas. Sementara untuk agenda kedua, pengintegrasian aplikasi e-Lapor dan aplikasi Dumas Presisi yang diresmikan dengan penekanan tombol secara bersama Ketua Kompolnas dan Wairwasum Polri. 
Dalam kesempatan tersebut, Mahfud juga memberikan apresiasi kepada Irwasum Polri selaku pengawas internal Polri, yang telah membuat inovasi sistem pengawasan internal secara online yaitu Dumas Presisi
“Hal ini sangat membantu Kompolnas selaku pengawas fungsional Polri, karena semua dilakukan secara online. Sinergi antara pengawas internal dan pengawas fungsional Polri sangat diperlukan agar Polri professional dan mandiri,” kata Mahfud.
Berbeda dengan Rapat Pleno Kompolnas sebelumnya, rapat kali ini juga diikuti oleh para Anggota Kompolnas tiga periode sebelumnya. Dari tayangan layar pada zoom meeting, tampak sejumlah nama Anggota Kompolnas Periode 2008 – 2012, yaitu Ronny Lihawa, Adnan Pandupraja, Erlyn Indarti, dan La Ode Husen.
Sementara dari perwakilan Anggota Kompolnas Periode 2012 – 2016, tampak hadir Syafriadi Cut Ali, Hamidah Abdurrachman, Adrianus E. Meliala, M. Nasser, Edy Saputra Hasibuan, dan Logan Siagian. Selain itu dari Anggota Kompolnas Periode 2016 – 2020, turut bergabung Bekto Suprapto, Yotje Mende, Andrea H. Poeloengan, dan Dede Farhan Aulawi. 
“Kami sebagai (Anggota Kompolnas -red.) penerus, memandang perlu melibatkan para komisioner pendahulu untuk sama-sama membahas peningkatan kinerja Kompolnas. Kami juga meminta saran dan masukan dari para pendahulu berkenaan dengan capaian satu tahun kinerja Kompolnas Periode 2020 – 2024”, jelas Sekretaris Kompolnas Benny Mamoto. [hs/zf]