Kompolnas Ajak Toleransi Beragama, Bersama Serius Tangani Wabah Covid-19

Kompolnas Ajak Toleransi Beragama, Bersama Serius Tangani Wabah Covid-19

JAKARTA - Pelaksanaan vaksinasi Covid-19, yang diinisiasi oleh bidang kedokteran kesehatan (Bid Dokes) Polda Maluku bersama pengurus organisasi kepemudaan (OKP) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), mendapat apresiasi dari Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas).

Anggota Kompolnas, H. Mohammad Dawam, dalam keterangannya kepada wartawan, Rabu (28/7/2021) menuturkan, kegiatan vaksinasi massal yang diperuntukkan masyarakat Maluku, diinisiasi oleh Biddokes Polda Maluku dengan kerjasama dengan organisasi kepemudaan PMII perlu diapresiasi, perlu didukung semua pihak. Bahkan perlu ditingkatkan dalam kerjasama membangun bangsa dan kemanusiaan termasuk membangun toleransi moderasi beragama dan menangkal radikalisme, ekstrimisme, maupun separatisasi yang merongrong tenun kebangsaan.

“Dalam hal ini, Polda Maluku beserta jajarannya sangat nyata serius dalam penanganan wabah Covid-19 di lingkungan masyarakat,” tutur Gus Dawam, sapaan akrab Mohammad Dawam.

Dawam mengisahkan, selaku anggota Kompolnas dirinya sedikit mendapat informasi bahwa bangunan kerjasama program kebangsaan antara PMII Maluku dengan Polda Maluku telah terbangun sejak lama.

Bahkan akhir bulan lalu, kisaran medio pekan akhir Juni 2021 itu, sebagai Anggota Kompolnas dirinya dijadwalkan hadir memenuhi undangan Ikatan Alumni PMII Maluku dalam program silaturrahmi dan ngaji kebangsaan juga bersama Polda Maluku.

“Secara pribadi dan kelembagaan saya mohon maaf, belum bisa memenuhi undangan tersebut mengingat waktu yang sama, saya juga melakukan kegiatan penelitian Polri dan deradikalisasi paham ekstrim keagamaan di Indonesia untuk wilayah Hukum Polda DIY.  Untuk itu saya mohon maaf sebesar-besarnya kepada seluruh sahabat dan sahabati PMII Maluku maupun alumninya juga kepada Kapolda Maluku beserta jajarannya,”ujar Dawam.

Dawam juga berharap, Polda Maluku dapat mempererat jalinan kerjasama yang lebih luas, utamanya dengan sahabat dan sahabati PMII Maluku.

“Kerjasama dengan melakukan vaksinasi massal ini mudah-mudahan menjadi titik awal kerjasama yang baik dalam rangka menjalankan fungsi keagamaan maupun fungsi kemanusiaan. Fungsi keagamaan yang sekaligus fungsi kenegaraan di antaranya adalah meningkatkan pemeliharaan dan ketertiban masyarakat (harkamtibmas) di wilayah hukum Polda Maluku,” harapnya.

Dawam menuturkan, PMII yang memiliki jargon perjuangan “tangan terkepal, maju ke depan ini menunjukkan komitmen kebangsaan dan keindonesiaan yang rahmat bagi seluruh alam semesta.

Dalam konteks pandemi ini, vaksinasi massal adalah relevan, di samping itu juga misalnya fungsi kemanusiaan berupa bansos berkolaborasi dengan para dermawan kemanusian dan  CSR Perusahaan Swasta dalam rangka meringankan beban masyarakat setempat.

“PMII dan jaringannya, saya yakin bisa terus dilibatkan dalam program-program aksi kemanusiaan sebagai bagian perjuangan organisasi sekaligus bentuk ibadah yang diyakininya,” ucapnya.

Dawam mengatakan, dalam konteks vaksinasi massal untuk masyarakat, yang dimotori oleh Polda Maluku dan pengurus PMII Maluku, kiranya menjadi motivasi mendasar adalah tercapainya herd immunity ‘kekebalan kelompok’ bagi kelompok sasaran tertentu.

“Agenda yang sama, saya berharap akan terus dilakukan di berbagai wilayah, jaringan, dan kelompok masyarakat. Hal ini jelas menunjukkan komitmen kuat yang coba dibangun oleh Polda Maluku dan jajarannya. Saya berharap semua ikhtiar yang dibangun ini bermanfaat bagi masyarakat Maluku dan menjadi bagian pengabdian positif dan ibadah sosial oleh para pelakunya. Semoga Tuhan memberi kemudahan bagi semuanya dalam ikhtiar memecahkan persoalan yang dihadapi bangsa yakni meminimalisir penyebaran covid-19 di Indonesia,” ucapnya.

Dawam berharap program vaksinasi Covid-19, yang dilakukan oleh Polda Maluku bersama PMII Maluku, terus dilakukan, dikonsolidasikan ke berbagai jaringan PMII sampai ke pelosok Tanah Air.

“Mari sama-sama mendukung agar semua pihak untuk bahu membahu dalam menumbuhkan kepercayaan kepada Pemerintah yang memang ikhtiar sungguh-sungguh dalam penanganan pencegahan penyebaran Covid-19 ini. Terbukti gencar melakukan agenda-agenda sebagaimana yang dilakukan Polda Maluku bersama PMII dan elemen masyakarat lainnya ini. Berharap semua anak bangsa untuk selalu berdoa, bersimpuh, dan bermunajat kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, semoga wabah pandemi di Indonesia khususnya dan di dunia pada umumnya kian hari terus mereda, menurun, dan selanjutnya segera pulih kembali sebagaimana kondisi normal sebelumnya,” himbaunya. []


“PMII dan jaringannya, saya yakin bisa terus dilibatkan dalam program-program aksi kemanusiaan sebagai bagian perjuangan organisasi sekaligus bentuk ibadah yang diyakininya,”Ucapnya.

Baca Juga: Sinergitas Polda Maluku Bersama PMII Maluku, Sukseskan Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Untuk Masyarakat

Dawam mengatakan, dalam konteks vaksinasi massal untuk masyarakat, yang di motori oleh Polda Maluku dan pengurus PMII Maluku, kiranya menjadi motivasi mendasar adalah tercapainya kekebalan kelompok, herd immunity bagi kelompok sasaran tertentu.

“Agenda yang sama, saya berharap akan terus dilakukan diberbagai wilayah, jaringan dan kelompok masyarakat. Hal ini jelas menunjukkan komitmen kuat yang coba dibangun oleh Polda Maluku dan jajarannya. Saya berharap semua ikhtiar yang dibangun ini bermanfaat bagi masyarakat Maluku dan menjadi bagian pengabdian positif dan ibadah sosial oleh para pelakunya. Semoga Tuhan memberi kemudahan bagi semuanya dalam ikhtiar memecahkan persoalan yang dihadapi bangsa yakni meminimalisir penyebaran covid-19 di Indonesia,”Ucapnya.

Dawam berharap program vaksinasi Covid-19, yang dilakukan oleh Polda Maluku bersama PMII Maluku, terus dilakukan, dikonsolidasikan keberbagai jaringan PMII sampai kepelosok Tanah Air.

“ Mari sama-sama mendukung agar semua pihak untuk bahu membahu dalam menumbuhkan kepercayaan kepada Pemerintah yang memang ikhtiar sungguh-sungguh dalam penanganan pencegahan penyebaran covid-19 ini. Terbukti gencar melakukan agenda-agenda sebagaimana yang dilakukan Polda Maluku bersama PMII dan elemen masyakarat lainnya ini. Berharap semua anak bangsa untuk selalu berdoa, bersimpuh dan bermunajat kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, semoga wabah pandemi di Indonesia khususnya dan di dunia pada umumnya kian hari terus mereda, menurun dan selanjutnya segera pulih kembali sebagaimana kondisi normal sebelumnya,”Himbaunya.