Kompolnas Adakan Rapat Pemantapan RPerpres

Kompolnas Adakan Rapat Pemantapan RPerpres

Jakarta - Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) mengadakan rapat tindaklanjut RPerpres Nomor 7 Tahun 2011, pada hari Rabu dan Kamis (2-3/6/2011).
Rapat ini merupakan rangkaian tindaklanjut dari rapat awal sebelumnya, yakni Rapat Koordinasi Kedua Pembahasan RPerpres tentang Perubahan Peraturan Presiden Nomor 17 Tahun 2011 tentang Kompolnas, di Jakarta, Kamis (20/5/2021) lalu.
Arah Rancangan Peraturan Presiden (RPerpres) ini tentang Perubahan Peraturan Presiden Nomor 17 Tahun 2011 tentang Kompolnas, merujuk kepada pemikiran tentang bagaimana memperkuat Kompolnas untuk dapat berperan secara optimal dalam melaksanakan tugas dan fungsinya.
"Ada kebutuhan hukum, namun undang-undang belum mengaturnya,” jelas Anggota Kompolnas Yusuf Warsyim S.Ag., M.H., Kamis (3/6/2011).  
Dalam rumusan pasal-pasal perubahan Perpres Nomor 17 Tahun 2011 tersebut, Kompolnas mencantumkan ketentuan-ketentuan yang mengarah kepada penguatan Kompolnas secara kelembagaan.
Terkandung maksud di dalamnya, dengan penguatan kewenangan tersebut, maka Kompolnas dapat secara optimal mengkaji beragam persoalan di tubuh Polri. Kompolnas dapat memahami secara komprehensif mengapa hal tersebut terjadi, siapa saja yang terlibat, bagaimana solusinya, serta aspek-aspek kajian lainnya. 
Muatan RPerpres ini untuk menjawab apa yang menjadi kendala bagi Kompolnas dalam melaksanakan tugas dan wewenangnya. [zf/kp]