Kompolnas Adakan Penelitian soal Penanganan Kasus Narkoba di Polda Sulawesi Utara

Kompolnas Adakan Penelitian soal Penanganan Kasus Narkoba di Polda Sulawesi Utara

MANADO - Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) mengadakan penelitian penanganan penyalagunaan narkoba oleh anggota Polri di jajaran Polda Sulawesi Utara, sejak Senin hingga Selasa (11-12/4/2022).

Tim peneliti Kompolnas dipimpin langsung Sekretaris Kompolnas Irjen (Purn) Benny Jozua Mamoto.

Pada kesempatan itu, Kapolda Sulut Irjen Mulyatno menyatakan kegiatan yang dilakukan Kompolnas diharapkan dapat menjadi input yang berharga bagi Polri, khususnya Kepolisian Daerah Sulawesi Utara.

"Kami berharap dapat terus memperbaiki pelayanan dan tugas kepada masyarakat sekaligus dapat dijadikan sebagai wahana menumbuhkembangkan pengetahuan dan kemampuan dalam rangka peningkatan profesionalisme Polri," ungkapnya.

Mulyatno mengatakan, masalah peredaran narkoba adalah masalah besar bagi semua pihak, sehingga memerlukan penanganan yang lebih efektif oleh aparat penegak hukum dan masyarakat secara umum.

"Kegiatan ini bertujuan untuk membantu merumuskan arah kebijakan kepolisian terkait penanganan penyalahgunaan narkoba yang terjadi di Provinsi Sulawesi Utara. Daerah ini merupakan wilayah perbatasan dengan negara Filipina yang memungkinkan menjadi pintu masuk peredaran narkoba," ujarnya.

Dia berharap dengan adanya kegiatan ini dapat menjadi masukan, koreksi, dan perbaikan bagi Polda Sulawesi Utara, untuk lebih meningkatkan kinerja yang lebih profesional sehingga dapat meminimalkan adanya pengaduan masyarakat.

Dalam kegiatan yang sama, hadir pula Kepala Badan Nasional Narkotika  Sulut Brigjen VJ Lasut, perwakilan pejabat Kejati Sulut, Irwasda, Dirnarkoba, Dirreskrimum, dan Dirreskrimsus dan Kabid Propam Polda Sulut.



Kompolnas juga melaksanakan kegiatan penelitian penanganan penyalahguna narkoba di Lapas kelas II A Manado. Kegiatan penelitian ini dihadiri oleh Kalapas beserta PJU Lapas Manado.

Selain melakukan penelitian soal penanganan kasus narkoba, Kompolnas juga mengklarifikasi saran dan keluhan masyarakat di wilayah hukum Polda Sulawesi Utara.[]