Kawal Geliat Perekonomian Kota Bogor, Kapolresta Bogor Dampingi UMKM

Kawal Geliat Perekonomian Kota Bogor, Kapolresta Bogor Dampingi UMKM

Bogor - Bertepatan dengan hari jadi Kota Bogor (HJB) ke-539 pada Kamis (3/6/2021), Polresta Bogor Kota merilis program Polisi Sahabat UMKM. Tujuan program tersebut adalah untuk membangkitkan perekonomian masyarakat Kota Bogor dan sekitarnya melalui usaha mikro kecil menengah (UMKM).

"Tentunya kegiatan ini didorong sebuah niat kami untuk bisa membangkitkan kembali perekonomian kerakyatan yang saat ini adalah UMKM," kata Kapolresta Bogor Kota Kombes Susatyo Purnomo Condro, Kamis (3/6/2021).

"Di tengah pandemi covid-19 ini, selain memprioritaskan aspek kesehatan, Polresta Bogor Kota juga ingin mendorong aspek ekonomi agar tetap bergerak di tengah masa pandemi ini, dengan mengajak para pemangku kepentingan terkait UMKM," kata Susatyo.

Dalam kegiatan tersebut, para pelaku UMKM akan diberi bantuan hukum, konsultasi, sampai dengan bagaimana proses transaksi daring/online secara aman. Polisi juga memberikan perlindungan pelaku UMKM dari kegiatan ilegal.

"Kita coba menggandeng semua stakeholder untuk bisa mengangkat kembali UMKM ini. Sehingga perputaran uang di Kota Bogor tinggi, dan pertumbuhan ekonomi semakin baik. Sehingga hari ini kami sampaikan, jangan ganggu UMKM Kota Bogor karena akan berhadapan dengan kami," kata Susatyo.

Susatyo juga menjelaskan, polisi siap melakukan pendampingan UMKM terkait urusan dana bantuan dari Kementerian Koperasi dan UMKM pada tahun 2021 ini. Polisi juga akan berkoordinasi bersama Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bogor.

"Pendampingan misalnya apakah ada kegiatan-kegiatan yang mungkin mereka tidak ketahui kelalaiannya. Mungkin dapat bersinggungan dengan hukum. Maka kita akan datang melakukan pembinaan. Tidak langsung kita melaksanakan penegakan hukum, dan sebagainya," jelas mantan Direktur Reserse Narkoba Polda Banten itu. [kp/zf]