Kasat Narkoba Polres Karawang Terciduk Simpan Sabu, Kompolnas: Periksa Keterlibatan Anggota lain

Kasat Narkoba Polres Karawang Terciduk Simpan Sabu, Kompolnas: Periksa Keterlibatan Anggota lain

Jakarta - Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) meminta kepada Polri untuk memeriksa anggota lain terkait dugaan keterlibatan dalam kasus AKP Edi Nurdin Massa.

 

Hal tersebut disampaikan juru bicara Kompolnas Poengky Indarti, setelah sebelumnya Dittipidnarkoba Bareskrim Polri menangkap Kasat Narkoba Polres Karawang AKP Edi Nurdin Massa karena memiliki sabu 101 gram.


"Perlu didalami apakah yang bersangkutan bekerja sendiri atau melibatkan anggota lainnya," kata Anggota  Kompolnas Poengky Indarti kepada wartawan, Rabu (17/8/2022).


lebih lanjut, Poengky mengatakan, bahwa kompolnas sangat menyesalkan atas kejadian ini. Kompolnas menghimbau Polri bisa menangani kasus ini secara transparan.


"Kami sangat prihatin dan menyesalkan jika benar AKP ENM, Kasat Narkoba Polres Karawang, terlibat peredaran narkoba. Kami menunggu proses penyidikan dan berharap penyidikannya dilakukan secara profesional, transparan, independen dengan dukungan scientific crime investigation," kata Poengky.

"Narkoba adalah musuh bersama. Karena itu, Kompolnas mendorong proses pidana dan etik kepada yang bersangkutan perlu dilakukan dengan tegas agar ada efek jera," lanjutnya.


Selanjutnya, Poengky memberi saran agar AKP Edi juga dijerat pasal tindak pidana pencucian uang (TPPU). Poengky punya dugaan AKP Edi terlibat jaringan narkoba.


Sebelumnya diberitakan, bahwa Dittipidnarkoba Bareskrim Polri menangkap Kasat Narkoba Polres Karawang AKP Edi Nurdin Massa terkait narkotika jenis sabu. Total sabu yang diamankan seberat 101 gram.

Dirtipidnarkoba Bareskrim Polri Brigjen Krisno H Siregar mengatakan penangkapan dilakukan pada Kamis (11/8) sekitar pukul 07.00 WIB di sebuah apartemen di Telukjambe Barat, Karawang, Jawa Barat.

"Pada hari Kamis, tanggal 11 Agustus 2022, sekitar pukul 07.00 WIB, ENM ditangkap di TKP basement Taman Sari Apartemen Mahogani, Karawang," kata Krisno kepada detikcom, Selasa (16/8).

Sabu 101 gram itu terbagi dalam tiga buah klip, dengan berat masing-masing 94 gram, 6,2 gram, dan 0,8 gram. Juga ditemukan satu plastik klip berisi pil ekstasi dengan berat 1,2 gram.


Selanjutnya, Krisno menyebut dalam penangkapan ini juga ditemukan adanya seperangkat alat sabu dan cangklong. Juga ada satu unit timbangan digital serta uang tunai sebesar Rp 27 juta dan 2 unit handphone.