Kapolri Blusukan Waktu Malam Bagikan Sembako kepada Warga di Solo

Kapolri Blusukan Waktu Malam Bagikan Sembako kepada Warga di Solo

Solo - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan blusukan malam-malam sambil membagikan paket sembako kepada para pedagang dan warga di Solo, Jawa Tengah, pada Jumat (16/7/2201).

Selain membagikan paket sembako dan masker, Kapolri juga mengedukasi masyarakat tentang bahaya Covid-19, mengingatkan pentingnya disiplin protokol kesehatan dan mematuhi aturan PPKM darurat.

Kegiatan ini dilakukan Kapolri guna mempercepat penyaluran bantuan sosial saat pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat dari pemerintah.

Dalam kesempatan itu, Kapolri sempat menyapa pedagang angkringan di Kota Solo yang masih berjualan pada malam hari, dan menanyakan tanggapannya soal PPKM Darurat apakah berdampak pada omzet pedagang.

"Bagaimana jualannya Pak? Berdampak tidak PPKM darurat ini?" tanya Kapolri kepada salah seorang pedagang angkringan, dikutip dari keterangan pers Divisi Humas Polri, Sabtu (17/7/2021).

Kapolri juga meminta para pedagang untuk bersabar dan tetap mematuhi protokol kesehatan serta menaati kebijakan PPKM darurat agar angka Covid-19 menurun.

"Mudah-mudahan kasus Covid-19 bisa menurun biar keadaan normal lagi. Akan tetapi, tetap patuhi protokol kesehatan, pakai masker, dan patuhi kebijakan PPKM," kata Kapolri.

Kapolri berharap bantuan dari pemerintah ini dapat meringankan beban warga agar bisa melewati pandemi Covid-19.

"Ini ada sedikit bantuan dari pemerintah. Kalau memang kurang nanti bilang saja sama polisi di sini, ya," ujar Sigit kepada pedagang itu.

Pedagang dan warga sekitar yang menerima bantuan mengucapkan terima kasih. Seorang penerima bantuan tersebut berharap pandemi Covid-19 segera berlalu dan dapat bekerja serta beraktivitas sebagaimana biasa.

"Alhamdulillah, dapat bantuan dari Bapak Kapolri, terima kasih Pak atas bantuannya. Ini sangat membantu. Mudah-mudahan Covid-19 cepat berlalu," kata warga yang Bernama Agus Haryanto.

Menurut Agus, selama PPKM darurat dampak yang dirasakannya adalah nafkahnya menurun.

Selama blusukan itu, Kapolri ditemani Asops Irjen Pol Imam Sugianto, Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi, Kadiv Propam Irjen Pol Ferdy Sambo, dan Kadiv Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono.

Sementara itu, sembako yang disiapkan untuk dibagikan kepada warga sebanyak 1.000 paket.

Presiden Joko Widodo telah memerintahkan TNI dan Polri untuk membantu membagikan bantuan beras dan paket obat kepada masyarakat terdampak pandemi Covid-19. [zf]

Sumber: ANTARA