Kabaharkam Polri Pantau Langsung Pemberlakuan PPKM Darurat Melalui Patroli Udara

Kabaharkam Polri Pantau Langsung Pemberlakuan PPKM Darurat Melalui Patroli Udara

Jakarta - Kabaharkam Polri yang juga Kepala Operasi Pusat Aman Nusa Komjen Pol Arief Sulistyanto memantau langsung kondisi terkini ruas Tol Jakarta - Cikampek. Kegiatan tersebut dilaksanakan Kabaharkan Polri melalui patroli udara, Selasa (6/6/2021).

Dalam keterangannya Arief menyampaikan, kondisi lalu lintas Tol Jakarta - Cikampek pada saat pemberlakuan PPKM darurat terlihat lancar, dan tidak sepadat hari biasanya.

Hal itu menunjukan aturan PPKM darurat sudah bisa diterapkan di DKI Jakarta.

“Saya melakukan patroli udara mulai dari Pondok Cabe kemudian ke Bogor, ke Bekasi, wilayah Jakarta Timur dan di dalam kota Jakarta. Alhamdulillah situasi lalu lintas terpantau lancar, dan aktifitas masyarakat di jalan raya sudah jauh berkurang daripada kemarin. Demikian juga kegiatan-kegiatan masyarakat lainnya tidak seperti biasanya. Dalam arti bahwa PPKM Darurat ini sudah bisa diterapkan di daerah Jakarta,” ujar Arief.

Sebelumnya, Arief juga melakukan kunjungan ke Yogyakarta untuk memantau kegiatan masyarakat dalam penerapan PPKM Darurat.

Arief mengatakan, situasi dan aktivitas mobilitas masyarakat di luar sudah mulai berkurang. Selain itu juga dilakukan kegiatan vaksinasi di sejumlah daerah di Yogyakarta.

“Pagi tadi saya terbang ke Yogyakarta untuk melakukan peninjauan kegiatan masyarakat di daerah Yogyakarta. Kemudian meninjau di seluruh daerah Yogyakarta, terus ke perbatasan Yogya, Klaten kemudian Klaten - Solo. Situasi dalam keadaan normal”, ucapnya.

Tidak sebatas itu saja. Hasil peninjauan di lapangan secara langsung, terlihat sektor non esensial pertokoan dan rumah makan banyak yang menutup kegiatannya. Jikapun ditemukan rumah makan yang masih buka, semuanya menerapakan sistem take away dan layanan aplikasi online.

“Kemudian kegiatan yang non esensial, non esensial sudah berjalan dengan baik. Artinya tidak ada kegiatan di tempat-tempat itu. Toko-toko juga tidak semuanya buka. Rumah makan ada yang tutup, ada juga yang buka. Tetapi yang buka melayani dengan take away” imbuh Arief.

Arief pun menyampaikan, di hari ke empat penerapan operasi aman nusa dan PPKM Darurat situasi mobilitas masyarakat sudah mulai terkedali. Masyarakat sudah banyak yang menyadari dan patuh pada kebijakan PPKM Darurat.

Arief  berharap keadaan seperti ini akan tetap dilaksanakan masyarakat, meskipun nantinya PPKM Darurat berakhir. Menurutnya masyarakat harus tetap taat pada Protokol Kesehatan dan mematuhi 5 M, agar Covid segera bisa terkendalikan dan teratasi di Indonesia. [hs/kp]