Jajaki Kerjasama Kelembagaan, Kompolnas Kunjungi BNSP

Jajaki Kerjasama Kelembagaan, Kompolnas Kunjungi BNSP

Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) kunjungi Kantor Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), Jalan Letjen MT Haryono, Pancoran, Jakarta Selatan, Senin (14/6/2021). Kunjungan tersebut bertujuan dalam rangka rapat Kerja Sama dan Koordinasi antara Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) dengan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). 

Tim Kompolnas diwakili oleh Komisioner H. Mohammad Dawam., SH.I., M.H. dengan didampingi oleh Kasubbag Kerja Sama dan Administrasi beserta 3 orang Staf Sekretariat Kompolnas.

Kedatangan Kompolnas disambut oleh Dra. Henny S W., M.Si selaku Komisioner Bidang Data dan Informasi.

Rapat di pimpin oleh Ketua BNSP yaitu Kunjung Masehat M.H. dengan didampingi oleh Komisioner Bidang Sertifikasi Bonardo Aldo Tobing, Komisioner Bidang Data dan Informasi Dra. Henny S W., M.Si, Komisioner Bidang Skema Drs. Mulyanto., M.M, dan Komisioner Bidang Lisensi Drs. Muhammad Zubair., M.Si., AAIS.

Rapat diawali dengan penjabaran visi, visi, tugas dan fungsi dari BNSP. Ketua BNSP menjelaskan bahwa LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi) terdiri dari 3 tipe yaitu P1, P2 dan P3.

Lebih lanjut, Polri telah memiliki lembaga sertifikasi di Lemdiklat dan PP Polri yang bernama LSP P2 Polri dan LP2 Security PP Polri. Lembaga tersebut memiliki beberapa skema diantaranya LP2 Security Polri adalah sejumlah 6 skema dan LPS P2 Polri memiliki 70 jenis skema. Dari skema tersebut akan diuji standar kompetensinya misalnya seperti water cannon, penyidik bom, penanganan musibah dan lain-lain.

Dalam kesempatan yang sama, H. Mohammad Dawam, SH.I., MH juga menyampaikan bahwa tujuan pertemuan ini adalah untuk pelaksanaan sertifikasi di lingkungan Polri dengan melalui sinergi antara Kompolnas dan BNSP yang selanjutnya disusun melalui MoU.

Unsur Standar Kompetensi Polri ini diharapkan pada akhir tahun dapat dijadikan Arah Kebijakan Polri yang nantinya akan disampaikan kepada Presiden. Intinya adalah pada pengembangan SDM, standar pekerjaan, lembaga sertifikasi dan sertifikasi.

Adapun yang menjadi perhatian BNSP bahwa hingga saat ini Polri hanya memiliki 1 orang sebagai selaku Assesor dan diharapkan Kompolnas dapat mendorong Polri untuk dapat mengajukan nama yang nantinya akan dilatih di BNSP.

Selain itu juga diperoleh saran serta rekomendasi dari Dra. Henny S W., M.Si yang menyampaikan bahwa skema yang dimiliki Polri hingga saat ini berjumlah LSP P2 Polri 70 skema dan LSP P2 security PP Polri sejumlah 6 skema. Bahwa agar di monitoring dari seluruh tugas dan jabatan di Polri agar dipetakan terkait pekerjaan atau standar profesi yang belum diujikan di BNSP.

Disaat yang sama, Drs. Mulyanto., M.M menyampaikan bahwa agar dilakukan penelitian yang fokus pada efektivitas sertifikasi terkait penempatan yang ada di Kepolisian, bagaimana tindak lanjut pemanfaatan sertifikasi khususnya yang terkait penempatan dan karir sistem.

Rencana tindak lanjut berikutnya adalah melakukan kerja sama dan koordinasi dengan Agus Susilo selaku PIC dari LSP Polri di Lemdiklat.

Saat ini konsep MoU Kompolnas dan BNSP yaitu berfokus pada penelitian pada anggota Polri terkait penempatan, pertukaran data dan informasi, kapasitas strategi peningkatan standar kompetensi profesi  Polri agar sesuai penempatan masing-masing.