Gelar Rakorwas 2021, Kompolnas dan Polri Lakukan Integrasi Sistem Pengawasan

Gelar Rakorwas 2021, Kompolnas dan Polri Lakukan Integrasi Sistem Pengawasan

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), yang juga Ketua Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas), Mahfud MD dan jajaran Komisioner Kompolnas menggelar rapat koordinasi pengawasan (Rakorwas), Senin (4/10/2021).

Mahfud mengatakan, rakorwas ini amat penting untuk meningkatkan efektivitas pengawasan yang dilakukan Kompolnas guna menuju Polri yang profesional dan mandiri.

"Kegiatan rakorwas ini memiliki arti yang sangat penting dan strategis, khususnya untuk mengingatkan kemitraan dan harmonisasi kerja sama antara Kompolnas dan jajaran fungsi pengawasan internal Polri," kata Mahfud melalui keterangan video.

Mahfud berpesan, perwujudan Polri yang profesional dan mandiri dapat didorong melalui peran Kompolnas sebagai pengawas eksternal, konsultan, sekaligus mitra dalam mendampingi pelaksanaan tugas-tugas. Menurut dia, posisi Kompolnas sebagai lembaga pengawas harus dilaksanakan secara efektif, dan tidak menimbulkan gejolak.

"Sehingga dari sana akan terdorong terwujudnya good government dan clean goverment. Hal ini dapat terlihat dengan penyelenggaraan pemerintahan yang efektif, efisien, transparan, akuntabel serta bersih dan bebas dari KKN," tuturnya.

Dia menilai, transformasi pengawasan terhadap Polri harus dilakukan secara adaptif dengan perkembangan kebutuhan dan tuntutan masyarakat. Menurutnya, perkembangan teknologi informasi pada saat ini telah melahirkan masyarakat digital.

Oleh sebab itu, lanjut Mahfud, transformasi pengawasan juga perlu mengembangkan sistem digitalisasi. "Digitalisasi pengawasan Kompolnas perlu dibangun agar pengawasan Kompolnas akan semakin efektif dan efisien," jelasnya.

Mahfud juga menyampaikan, saat ini Kompolnas dan Polri telah melakukan integrasi sistem pengawasan sistem pengawasan online, yaitu aplikasi Dumas presisi dan e-Lapor milik Kompolnas. Diharapkan dari penyatuan itu tungsi pengawasan menjadi lebih efektif dalam menanggapi dan menangani pengaduan masyarakat.

"Efektivitas pengawasan Kompolnas dapat semakin ditingkatkan dengan kemampuan mendayagunakan pembangunan teknologi informasi," ujarnya. []