Evaluasi Kinerja Satu Tahun, Kompolnas Gelar Rapat Pleno Lengkap Libatkan Pendahulu

Evaluasi Kinerja Satu Tahun, Kompolnas Gelar Rapat Pleno Lengkap Libatkan Pendahulu

JAKARTA - Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) menggelar Rapat Pleno Lengkap di Kantor Kemenko Polhukam pada Kamis (19/8/2021). Rencananya, rapat yang dipimpin Ketua Kompolnas Mahfud MD ini akan dihadiri seluruh Anggota Kompolnas, termasuk Mendagri Tito Karnavian sebagai Wakil Ketua Kompolnas dan Menkum HAM Yasonna Laoly selaku anggota. Namun Tito menyatakan berhalangan hadir, sehubungan musibah duka yang dialami ibunda mertuanya.
Rapat Pleno kali ini secara khusus membahas satu tahun capaian kinerja Kompolnas pasca pelantikannya oleh Presiden Joko Widodo, pada 19 Agustus 2020 lalu. Dalam kesempatan tersebut, Sekretaris Kompolnas Benny Mamoto bersama Anggota Kompolnas lainnya menyerahkan Laporan Satu Tahun Kinerja Kompolnas Tahun 2020 – 2021 kepada Ketua Kompolnas Mahfud MD.
Berbeda dengan pleno Kompolnas sebelumnya, rapat kali ini juga diikuti oleh para Anggota Kompolnas tiga periode sebelumnya. Dari tayangan layar pada zoom meeting, tampak nama-nama Anggota Kompolnas Periode 2008 - 2012 Ronny Lihawa, Adnan Pandupraja, Erlyn Indarti, dan La Ode Husen.
Sementara dari perwakilan Anggota Kompolnas Periode 2012 – 2016, tampak hadir Syafriadi Cut Ali, Hamidah Abdurrachman, Adrianus E. Meliala, M. Nasser, Edy Saputra Hasibuan, dan Logan Siagian. Turut bergabung juga dalam rapat tersebut Anggota Kompolnas Periode 2016 – 2020, Bekto Suprapto, Yotje Mende, Andrea H. Poeloengan, dan Dede Farhan Aulawi.
“Kami sebagai (Anggota Kompolnas, -red.) penerus, memandang perlu melibatkan para komisioner pendahulu untuk sama-sama membahas peningkatan kinerja Kompolnas. Kami juga meminta saran dan masukan dari para pendahulu berkenaan dengan capaian satu tahun kinerja Kompolnas Periode 2020 – 2024”, jelas Sekretaris Kompolnas Benny Mamoto.
Selain pembahasan satu tahun kinerja Kompolnas Periode 2020 – 2024, agenda penting Rapat Pleno Kompolnas ini adalah launching integrasi Aplikasi e-Lapor yang dikelola Kompolnas dengan aplikasi Dumas Presisi yang dikelola Itwasum Polri. “Kami sangat mengapresiasi kesediaan Wakil Iirwasum Polri Irjen Pol Drs. Agung Wicaksono, M.Si menghadiri acara ini, untuk bersama-sama meresmikan pengintegrasian kedua aplikasi pelayanan masyarakat ini”, ujar Benny.
Lebih jauh Benny juga menjelaskan, aplikasi e-Lapor merupakan salah satu upaya Kompolnas yang bertujuan meningkatkan pelayanan Kompolnas kepada masyarakat. Diharapkan dengan penggunaan aplikasi e-Lapor ini, penanganan keluhan masyarakat terkait kinerja Polri yang disampaikan kepada Kompolnas, dapat terselenggara secara mudah, murah, dan cepat.
“Masyarakat yang bermaksud menyampaikan pengaduannya tidak harus datang ke Kantor Kompolnas. Aplikasi ini bisa diakses oleh seluruh masyarakat di manapun mereka bertempat tinggal”, katanya. 
Di sisi lain, aplikasi Dumas Presisi yang dikelola Itwasum Polri juga memiliki tujuan yang sama. Kesamaan pandangan antara Kompolnas dan Itwasum Polri inilah, terang Benny, yang menjadi latar belakang pengintegrasian kedua aplikasi ini.
“Kami berharap sinergi Kompolnas dan Polri dapat berkesinambungan, dan terus di-upgrade sesuai dengan perkembangan teknologi. Sehingga kita tidak tertinggal dan semakin maksimal dalam memberikan pelayanan kepada publik”, ujar Benny. [hs/zf]