Dugaan Oknum Polantas Pacaran Gunakan Mobil Dinas PJR, Kompolnas: Anggota Harus Bisa Bedakan Mana Urusan Tugas dan Mana Urusan Pribadi

Dugaan Oknum Polantas Pacaran Gunakan Mobil Dinas PJR, Kompolnas: Anggota Harus Bisa Bedakan Mana Urusan Tugas dan Mana Urusan Pribadi

JAKARTA - Komisi Polisi Nasional (Kompolnas) mengkritisi terkait viralnya anggota Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri yang menggunakan mobil dinas Patroli Jalan Raya (PJR) untuk berpacaran.

Komisioner Kompolnas Poengky Indarti mengatakan, tindakan yang dilakukan oleh oknum polantas bernama Bripda Arjuna Bagas (AB) itu tidak bisa dibenarkan.

Kata dia, kendaraan dinas yang dikhususkan untuk polantas tersebut harus digunakan untuk keperluan dinas.

"Memang benar, kendaraan dinas itu hanya boleh digunakan untuk dinas. Karena uang yang digunakan untuk membeli mobil dinas dan bensin serta tolnya adalah dana APBN," kata Poengky saat dikonfirmasi, Kamis (21/10/2021).

Atas dasar itu, Poengky mengingatkan untuk seluruh anggota Polri harus bijak dalam menggunakan fasilitas dinas.

Kata Poengky, setiap kebutuhan yang bersifat bukan kepentingan dinas, harus dipenuhi dengan menggunakan fasilitas milik pribadi.

"Semua harus sadar, tahu diri, disiplin dan bertanggungjawab dalam penggunaannya. Untuk semua keperluan pribadi, ya harus menggunakan milik pribadi," ujarnya.

"Sebagai anggota Polri, harus bersikap sederhana, dan bisa membedakan mana tugas dan mana pribadi," sambung Poengky.

Selain itu, Poengky mengapresiasi langkah Propam yang telah melakukan pemeriksaan dan penahanan atas tindakan yang telah dilakukan oknum polisi Bripda AB tersebut.

Apalagi, langkah itu merupakan perintah Kapolri untuk segera menindak anggota yang melakukan pelanggaran.

"Kompolnas mengapresiasi Propam yang sigap bertindak menindaklanjuti perintah Kapolri untuk memeriksa oknum anggota yang diduga melakukan pelanggaran. Kita tunggu pemeriksaan Propam," tukasnya.

Diberitakan, Propam Polri telah memutuskan bakal menahan anggota Korlantas Polri Bripda AB karena diduga menyalahgunakan mobil dinas patroli untuk pacaran ke Taman Safari.

Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo menyebut Bripda AB akan ditahan setelah pemeriksaannya di Biro Paminal Mabes Polri. Hingga saat ini, proses pemeriksaan masih berlangsung.

"Yang bersangkutan sudah diamankan di Biro Paminal Mabes Polri dan segera kami tahan setelah proses pemeriksaan," kata Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo saat konfirmasi, Kamis (21/10/2021).

Sambo mengatakan Bripda AB juga nantinya akan dicopot dari jabatannya sebagai anggota Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri. Nantinya, dia tidak lagi dapat bertugas sebagai polisi lalu lintas.

"Dan copot yang bersangkutan dari fungsi lantas," tukasnya.

Diketahui sebelumnya, tindakan anggota Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri Bripda AB yang memakai mobil dinas untuk pacaran diunggah oleh akun Twitter @Pasifisstate.

 

Akun itu membagikan sejumlah unggahan Bripda AB saat tengah pacaran memakai mobil patroli.

Akun itu juga menampilkan foto tangkapan layar yang diduga Bripda AB saat menggunakan mobil dinas saat pacaran ke Taman Safari.

Akun itu menulis ke akun Twitter Humas Polri.

"@DivHumas_Polri emang boleh ya mobil Polri dipake buat liat ngaong besar di Taman Safari? Heheh," cuit akun tersebut pada Kamis (21/10/2021). []