Bentuk Keprihatinan Kompolnas Terhadap Kegiatan Unjuk Rasa Kemarin yang Mengakibatkan Adanya Korban, Baik Anggota Polri dan Masyarakat Bahkan Sampai Dengan Adanya Pengerusakan Fasilitas Pos Polisi

Bentuk Keprihatinan Kompolnas Terhadap Kegiatan Unjuk Rasa Kemarin yang Mengakibatkan Adanya Korban, Baik Anggota Polri dan Masyarakat Bahkan Sampai Dengan Adanya Pengerusakan Fasilitas Pos Polisi

Jakarta - Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) memberikan perhatian terhadap aksi unjuk rasa di depan Gedung DPR, Senin (11/4/2022).

Pasalnya, aksinya unjuk rasa tersebut menyebakan jatuhnya korban, bahkan sampai merusak fasilitas Pos Polisi.

Salah satu korbannya ialah anggota Lantas AKP Rudi Wira yang menjadi korban pengeroyokan pengunjukrasa saat pengamanan demo kemarin.

Anggota Kompolnas Drs. Pudji Hartanto Iskandar, M.M. (mantan KaKor Lantas dan mantan Dirjen Perhubungan Darat) dengan di dampingi oleh Karumkit Bhayangkara Tingkat I Raden Said Sukanto Brigjen Pol. Dr. Asep Hendradiana Sp, AN., K.I.C., M.Kes. dan KBP Dr. Yayok Witarto Sp.GK.MS pada Selasa (12/4/2022), menjenguk langsung korban pengeroyokan pengunjuk rasa pada saat unjuk rasa di depan Gedung DPR kemarin.

AKP Rudi Wira menjadi salah satu korban dalam insiden pengeroyokan saat sedang membantu untuk mengamankan motor rekannya, AKP Rudi dengan berseragam lengkap sebagai Anggota Polantas tidak melakukkan perlawanan tapi mencoba menghindar.

Akibat pengeroyokan tersebut AKP Rudi  terluka cukup parah. Kini AKP Rudi dirawat di RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur. Alhamdulillah kondisi sudah membaik tapi perlu dilakukkan observasi khusus karena masih ada keluhan dibagian dalam punggung.

Ini merupakan bentuk Keprihatinan Kompolnas

“Kompolnas turut prihatin atas kejadian itu, hal itu tidak perlu terjadi sebetulnya bahkan kita tidak ingin terjadinya unjuk rasa yg anarkis, tapi ternyata terjadi dan tidak hanya di Jakarta saja " ujar Pudji.

Unjuk rasa boleh, tapi jangan melanggar peraturan dimana sudah diatur dalam Undang Undang no 9 / 1998  tentang Kemerdekaan Penyampain Pendapat Dimuka Umum, hal itu harus menjadi acuan dan dilaksanakan.

"Kedatangan saya juga merupakan salah satu tugas Kompolnas yaitu memantau saat kegiatan maupun setelah kegiatan Anggota Polri dilapangan dimana akibat unjuk rasa itu ada korban anggota Polri dan juga ada dari masyarakat" ungkap Pudji.

Hal lain yang tidak kalah penting ujarnya

 "Terimakasih saya ucapkan atas dedikasi AKP Rudi khususnya dan seluruh anggota Polri pada umumnya dalam pelaksanaan pengamanan unjuk rasa kemarin semoga tetap terus semangat terus profesional dalam menjalankan tugas  dan ungkap serta proses tuntas siapapun yang melanggar peraturan, ucap Komisioner Kompolnas Pudji Hartanto.