Banyak Orang Cari, Obat Ivermectin Menghilang di Kabupaten Malang

Banyak Orang Cari, Obat Ivermectin Menghilang di Kabupaten Malang

Malang - Ivermectin jadi merk obat yang paling dicari konsumen beberapa pekan terakhir ini karena  diyakini bisa mengobati Covid-19. Walaupun jenis obat ini masih polemik, namun tak ada satu pun tersedia pada setiap apotek yang berada di Kabupaten Malang.

Heboh obat Ivermectin yang diklaim mampu menyembuhkan Covid-19 dan kini tidak tersedia di seluruh apotek Kabupaten Malang jadi perhatian polisi.

"Ivermectin sangat diburu dan dikejar oleh beberapa masyarakat saat ini di seluruh apotek Kabupaten Malang sudah tidak ada dan tidak dijual lagi sejak dilakukan PPKM Darurat dan kasus Covid-19 meningkat," kata Kasatreskrim Polres Malang, AKP Donny Kristian Baralangi saat dikonfirmasi secara terpisah.

Donny juga menjelaskan, untuk obat lainnya masih ada stoknya. Seperti obat penurun panas hingga batuk masih tersedia di Kabupaten Malang.

"Dan harganya masih sama. Kami sudah periksa," kata dia.

Sejak minggu lalu Satreskrim Polres Malang memantau harga jual dan ketersediaan obat-obatan di Kabupaten Malang.

"Sementara ini belum ada laporan penimbunan atau harga jual dinaikan. Semua masih aman dan stabil harganya," tutur dia.

Namun, jika nantinya ada obat-obatan ada yang ditimbun di salah satu apotek, masyarakat diharapkan juga melapor ke polisi.

"Langsung lapor kami kalau ada penimbunan atau dijual lebih mahal dari harga pasaran," tutur dia.

Di tempat lain, Assisten Apoteker Kepanjen Farma Apotek, Antin (50) mengatakan, stok obat tersebut tak tersedia, sejak dua minggu lalu.

"Banyak yang cari, karena dinilai obat itu anti virus (Covid-19)," katanya kepada wartawan, Selasa (6/7/2021).

Konon ampuh terhadap menangkal virus corona, lagi pula harga obat tersebut relatif murah.

"Harganya murah, per pak nya itu Rp15.000 sampai Rp18.000 dan kabarnya di tempat (apotek) lainnya juga kehabisan stok (obat ivermectin)," katanya.

Kepanjen Farma Apotek merupakan salah satu apotek tertua di Kecamatan Kepanjen itu juga sudah meminta ke para pemasok obat tersebut sejak dua minggu lalu. Namun tak kunjung ada tanggapan.

"Tapi sampai saat ini belum dikirim," kata dia.

Sementara itu untuk stok obat lain yang dibutuhkan untuk menjaga imunitas tubuh masih ada. Contohnya adalah suplemen, obat vitamin c, dan zinc.

"Kalau yang dibutuhkan untuk meningkatkan vitamin C dan zinc masih ada ini dan banyak yang diminati juga," tutup dia. []