Balap Liar Ilegal Terjadi Lagi, Kompolnas: Kurangnya Pengawasan Patroli

Balap Liar Ilegal Terjadi Lagi, Kompolnas: Kurangnya Pengawasan Patroli

Jakarta - Polda Metro Jaya tengah menggagas balap liar (street race) legal guna memfasilitasi para pembalap liar yang kerap meresahkan.

Gagasan yang diinisiasi oleh Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadli Imran rupanya masih ditemukan titik hitam.

Belum lama ini beredar di media sosial video aksi balap liar ilegal di Jalan Sudirman, Jakarta Selatan.

Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) memberikan tanggapan atas aksi balap liar tersebut.

Juru bicara Kompolnas Poengky Indarti menilai, Polda Metro Jaya dianggap kecolongan dengan aksi balap liar yang terjadi kembali.

“(Bisa) dianggap kecolongan sampai harus mengecek ETLE,” kata Poengky saat dihubungi, Sabtu (19/2/2022).

Menurut Poengky, aksi balap liar tersebut terjadi diduga karena tidak adanya anggota polisi yang patroli, sehingga mereka dengan seenaknya menggelar aksi balap liar tersebut.

“Seharusnya kalau ada polisi yang jaga atau patroli enggak mungkin ada balap liar. Street race yang digagas Polda Metro Jaya bertujuan untuk mencegah balap liar adalah kegiatan baik, tetapi saat naiknya pandemi Covid-19 memang sebaiknya ditunda pelaksanaannya, dan diganti patroli rutin,” ujar Poengky.

selanjutnya, Poengky berharap, aksi serupa tak terulang kembali. Ia meminta polisi segera mencari dan menindak para pengendara motor itu.

Sebelumnya, video viral di media sosial aksi balap liar yang menutup Jalan Jenderal Sudirman.

Video viral itu diunggahan di akun Instagram @merekamjakarta. Terlihat puluhan motor berjejer menutup akses jalan, yang akhirya kebut-kebutan pada waktu hampir bersamaan melaju mengarah ke Jembatan Semanggi, pada Jumat (18/2/2022) sekitar pukul 01.00 WIB.

“Puluhan pemotor berjajar dan menutup Jalan Jenderal Raya Jenderal Sudirman, Gelora, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Setelah beberapa saat, puluhan pemotor tersebut memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi ke arah Jembatan Semanggi,” tulis keterangan di Instagram akun merekamjakarta.[kp]