Antisipasi Kelangkaan Oksigen, Kapolri Luncurkan Program Iso Tank

Antisipasi Kelangkaan Oksigen, Kapolri Luncurkan Program Iso Tank

JAKARTA - Demi mengantisipasi terjadinya kelangkaan ketersediaan oksigen selama pandemi Covid-19, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo secara resmi meluncurkan program Iso Tank Polri untuk Indonesia.

Peluncuran Iso Tank Polri tersebut dilaksanakan di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara pada Jumat (3/9/2021).

“Kita ketahui bahwa pada dipertengahan bulan Juli, angka Covid-19 sedemikian tinggi. Sehingga hal itu berdampak kepada kenaikan BOR (bed occupancy rate ‘tingkat keterisian ranjang’, -red.) rumah sakit sampai dengan 90 persen, dan berpengatuh terhadap ketersediaan oksigen yang menjadi langka,” ujar Kapolri dalam sambutannya.

Selanjutnya, Kapolri menjelaskan berdasarkan pengalaman sebelumnya, ketersediaan oksigen juga sempat terjadi kelangkaan. Korps Bhayangkara sebelumnya telah menyalurkan 1.000 oksigen konsentrator.

“Hari ini kurang lebih ada 10 Iso Tank yang akan kita distribusikan ke seluruh wilayah Indonesia, untuk membantu kebutuhan oksigen jika suatu saat nanti diperlukan,” ungkap Kapolri.

Diharapkan, dengan adanya bantuan Iso Tank, semoga dapat mempermudah mobilitas penyaluran oksigen medis dari pabrik ke rumah sakit serta pusat pengisian oksigen atau filling oksigen.

Menurut asesmen Kementerian Kesehatan per 3 Juli 2021, saat ini diperlukan tambahan 140 tangki ISO untuk mengamankan distribusi ke rumah sakit dan filling station. [kp/zf]