Home / Berita Kompolnas / Hadirkan Nara Sumber Menko Polhukam, Rapat Persiapan Penyusunan SOP SKM Set Kompolnas Hasilkan 6 Point

Hadirkan Nara Sumber Menko Polhukam, Rapat Persiapan Penyusunan SOP SKM Set Kompolnas Hasilkan 6 Point

Kompolnas.go.id,Jakarta- Rapat persiapan penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP) penerimaan saran dan keluhan masyarakat (SKM), dilakukan Sekretariat Komisi Kepolisian Nasional Republik Indonesia (KOMPOLNAS RI).

Rapat yang dipimpin oleh Kepala Sekretariat Kompolnas RI, yang diwakili oleh, Kabag Dukungan Teknis (DUKNIS) Kombes Pol Edy Suryanto,S.Pd,MS, menghadirkan nara sumber dari, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) yang diwakili oleh Patities, Kasubbag Tata Laksana Ro Ren dan Orgnisasi Menkopolhukam.

Serta turut dihadiri oleh Kabag Umum, Kabag Ren yang diwakilkan oleh kasubbag, Kabag HIK yang diwakili kasubbag data dan sistem informasi, Kasubbag klarifikasi SKM, Kasubbag Pemantauan dan Evaluasi, Kasubbag TU, Syaiful Staf Bag Duknis, Rafeal staf Bag Duknis, Fitri staf Bag duknis dan jibril staf bag duknis, bertempat di Ops Room, kantor Sekretariat Kompolnas RI, Rabu (14/10/2020).

Dari rapat tersebut, menghasilkan 6 point pembahasan yang berkaitan dengan rancangan penyusunan SOP Penerimaan SKM di Sekretariat Kompolnas RI, diantaranya.

  1. Bahwasannya acuan dasar hukum yang ada di konsep yang sudah Kompolnas rancang mengacu pada Permenko Nomor 2 tahun 2018. Permenko tersebut merupakan Permenko untuk identitas Sekretariat Kompolnas namun untuk SOP mengacu pada Permenko nomor 5 tahun 2018.
  2. Subjek yang berhak untuk menandatangani SOP merupakan Kaset Kompolnas
  3.  SOP sesungguhnya memiliki 2 lampiran atau form  diantaranya form identitas dan form diagram alur
  4.  Sekretariat Kompolnas memiliki 4 Kabag, dalam hal ini harus di tentukan bag mana yang paling utama
  5. Untuk pembuatan SOP tentu perlu memperhatikan adanya keterkaitan antara SOP lainnya.
  6. Saran narasumber terkait persiapan pembuatan sop harus dibuat 2 SOP diantaranya SOP penanganan SKM dan SOP klarifikasi penanganan SKM. (FER)