Home / Berita Polri / Dipimpin Irwasum, Polri Lobi Uber Pentolan ISIS di Suriah

Dipimpin Irwasum, Polri Lobi Uber Pentolan ISIS di Suriah

Nusa Dua- Delegasi Polri dipimpin oleh Irwasum Komjen Dwi Priyatno dalam Sidang Umum Interpol ke-85 yang akan digelar di Nusa Dua, Bali pada 7-10 November.

“Pak Kapolri hanya sebagai keynote speaker sementara yang memimpin delegasi Polri adalah Pak Irwasum lalu ada Pak Kadiv Hubinter Irjen Ketut Untung Yoga Ana dan Kabareskrim Komjen Ari Dono Sukmanto. Juga pejabat terkait transnational crime,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Boy Rafli Amar di Nusa Dua, Minggu (6/11).

Menurut Boy, selain Kapolri yang akan menyampaikan soal pengalaman Indonesia menangani kasus terorisme, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudji Astuti juga akan menyampaikan keynote perihal illegal logging.

“Dalam kesempatan itu juga akan ada beberapa bilateral meeting antara Polri dengan polisi negara sahabat seperti dengan Australian Federal Police. Nanti agenda detailnya menyusul,” tambah Boy.

Dalam konteks terorisme, Indonesia memang “dipusingkan”‘dengan fenomena Foreign Terror Fighter. Ada nama-nama WNI seperti Bachrum Naim, Bahrumsah, dan Salim Mubarok alias Abu Jandal yang kini berada di Suriah yang menggerakkan jaringan teror ISIS di Indonesia.

“Bagaimana kita bisa meminta pertanggungjawaban mereka melalui kerja sama internasional dalam forum semacam ini. Itu harapan kita,” lanjut Boy.

Seperti diberitakan, ada 167 delegasi Interpol yang telah mengonfirmasi untuk hadir. Dari 167 itu hingga siang ini sudah 59 kepala polisi yang hadir. Lalu total ada 826 orang yang sudah hadir.