Home / Berita Kompolnas / Dinilai rawan, Kompolnas cek kesiapan Polres Kerinci

Dinilai rawan, Kompolnas cek kesiapan Polres Kerinci

-Kabupaten Kerinci yang dinilai rawan konflik Pilkada, menjadi sorotan serius pihak keamanan dan Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas). Bahkan perwakilan Kompolnas pada Kamis (08/02) sekora pukul 18.00 wib kemarin, datang langsung ke Polres Kerinci untuk memastikan kesiapan pengamanan dan kesiapan penyelenggara Pilkada.

Komisioner Kompolnas, Poengky Indarti SH LLM, saat smpai ke Mapolres Kerinci langsung menggelar pertemuan tertutup bersama berbagai pihak, mulai dari jajaran Polres Kerinci, KPU Kerinci, Panwslu Kerinci, Satpol-PP Kerinci, dan tokoh agama serta tokoh masyarakat dan adat.

Dalam pertemuan tersebut, dipaparkan sejauh mana kesiapan pengamanan oleh Polres Kerinci dan kesiapan KPU dan Panwaslu selaku penyelenggara Pilkada Kerinci. “Kami dari Kompolnas diberi mandat untuk mengecek persiapan pengamanan Pilkada serentak oleh Polri. Hari ini kami ke Kerinci, mwmang dari penilaian berbagai oihak, baik itu Polri, KPU, Panwaslu dan Kemendagri, Kerinci jadi fokus karena dinilai rawan terjadi konflik,” ungkapnya.

Dikatakannya, dari paparan yang disampikan Kapolres Kerinci, KPU dan Panwaslu, bahwa persiapan pelaksanaan Pilkada Kerinci sudah optimal, terutama untuk pengamanan dari Polri. “Mudah-mudahan berjalan aman dan damai, ini momen untuk kita Kerinci membuktikan bahwa yang dikhawatirkan rawan itu tidak benar, kita bisa melaksanakan Pilkada yang aman dan damai,” jelasnya.

Dia juga mengajak semua pihak aparat keamanan saling berkoordinasi, begitupun masyarakat dan peserta Pilkada juga diharapkan mengikuti proses Pilkada serentak ini dengan baik dan sesuai aturan. Jika ada terdeteksi terjadinya konflik, diharap dapat segera di back up dan diamankan. “Kita harapkan penyelesaian konflik dengan baik. Selain itu, Irwasda juga berpesan agar Polri netral dalm Pilkada serentak ini, sehingga dapat berjalan aman dan damai,” terangnya.

Sementara itu, Kapolres Kerinci, AKBP Dwi Mulyono SIK SH, mengungkapkan untuk kesiapan pengamanan Pilkada sudah optimal. Polres Kerinci telah menetapkan 5 Satgas dan mengerahkan 840 personel untuk melakukan pengamanan, terdiri dari personel Polres 300 orang, dari Brimob Jambi 130 orang, dari Bungo, Sarolangun dan Batanghari masing-masing 60 personel. “Kita juga dibatu dari TNI sebanyak 200 orang, untuk ditemoatkan di tiga rayon,” ungkapnya.

Disamping itu, lanjut Kapolres, juga ada penyebaran personel untuk melakukan pengamanan diseluruh TPS, dengan pembagian sesuai titik rawan. “Setiap TPS juga akan diamankan oleh personel, dibantu Satpol-PP. Kita berharap Pilkada Kerinci dapat terlaksana dengan aman dan damai,” pungkasnya.(adi)

Link Berita :

http://www.jambiupdate.co/artikel-dinilai-rawan-kompolnas-cek-kesiapan-polres-kerinci.html