Home / Berita Polri / Didampingi Kapolri hingga Panglima, Mahfud Gelar Konpers Sikapi Demo Rusuh

Didampingi Kapolri hingga Panglima, Mahfud Gelar Konpers Sikapi Demo Rusuh

Luqman Nurhadi Arunanta – detikNews

Kamis, 08 Okt 2020 21:18 WIB

Jakarta – 

Menko Polhukam Mahfud Md menggelar konferensi pers untuk menyikapi situasi politik dan keamanan terkini. Pernyataan ini merespons demo menolak omnibus law UU Cipta Kerja yang berujung rusuh.

Pernyataan itu disampaikan Mahfud setelah menggelar rapat bersama Kapolri Jenderal Idham Azis, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Mendagri Tito Karnavian, hingga Kepala BIN Budi Gunawan. Mahfud mewakili pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Saya mewakili keseluruhan pemerintah mewakili kabinet yang dipimpin oleh Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo, malam ini akan menyampaikan pernyataan pemerintah terkait kondisi politik dan keamanan pasca-pengesahan UU Cipta Kerja oleh DPR dan pemerintah pada tanggal 5 Oktober 2020 yang lalu,” kata Mahfud, Kamis (8/10/2020).

Mahfud menegaskan pemerintah menghormati penyampaian pendapat. Namun Mahfud juga mengingatkan agar tidak ada tindakan anarkis.

Seperti diketahui, demonstrasi di sejumlah titik di Jakarta berlangsung rusuh. Sejumlah fasilitas umum dirusak massa.(knv/fjp)