Home / Berita Kompolnas / 7 Polda Akan Naik Tipe A, Kompolnas: Harus Tingkatkan Kinerja!

7 Polda Akan Naik Tipe A, Kompolnas: Harus Tingkatkan Kinerja!

Audrey Santoso – detikNews – Jumat, 17 Apr 2020 12:49 WIB

Jakarta – Kompolnas meminta 7 polda yang naik status, dari tipe B menjadi tipe A, meningkatkan kinerjanya. 7 Polda yang naik tipe di antaranya Polda yaitu Polda Papua Barat, Polda Maluku Utara, Polda Gorontalo, Polda Sulawesi Tenggara, Polda Sulawesi Barat, dan Polda Bangka Belitung.

Tim Pencari Fakta (TPF) mengumumkan hasil investigasi soal testimoni Freddy Budiman di PTIK, Jakarta, Kamis (15/9/2016). Hasilnya, tidak ada aliran dana ke petinggi Polri seperti yang disebutkan Haris Azhar. Tetapi, ada temuan adanya aliran dana dari napi lain ke perwira menengah Polri.
Foto: Komisioner Kompolnas Poengky Indarti (Rachman Haryanto-detikcom)

“Peningkatan tipe Polda tersebut jangan hanya disambut gembira karena naiknya pangkat menjadi satu tingkat lebih tinggi, melainkan juga harus diikuti dengan peningkatan profesionalitas kinerja pimpinan dan anggota dalam melayani, melindungi, mengayomi masyarakat dan menegakkan hukum guna mewujudkan pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat agar semakin baik di wilayahnya,” kata Komisioner Kompolnas Poengky Indarti dalam keterangan tertulis, Jumat (17/4/2020).

Untuk diketahui, polda tipe B dipimpin oleh seorang brigadir jenderal (brigjen) dan akan dipimpin seorang inspektur jenderal (irjen) saat naik tipe A. Kenaikan tipe polda ini sudah mendapat persetujuan dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo.

Kompolnas mengatakan beberapa polda yang naik memiliki wilayah hukum yang berupa pulau-pulau kecil, maka pelayanan harus dipastikan menjangkau sampai masyarakat di pulau-pulau kecil.

“Dengan adanya peningkatan tipe tersebut, khususnya bagi polda-polda yang mempunyai wilayah laut yang luas dan banyaknya pulau-pulau, seperti misalnya Polda Papua Barat, Polda Maluku Utara, dan Polda Sulawesi Tenggara, maka diharapkan masyarakat di pulau-pulau terpencil dapat merasakan kehadiran aparat kepolisian, sehingga masyarakat merasa lebih terlindungi,” ujar Poengky.

Baca juga:Kompolnas: Polisi Jangan Ragu Tembak Pelaku Street Crime

“Jika terjadi gangguan atau gesekan di masyarakat, maka kehadiran anggota kepolisian secara cepat akan dapat mencegah terjadinya konflik sosial,” sambung dia.

Poengky juga menyoroti pengamanan perbatasan di Kalimantan Utara (Kaltra). Di sana, lanjut Poengky, rwan kejahatan penyelundupan orang, penangkapan ikan secara ilegal, narkoba, terorisme dan penyelundupan barang-barang dari negara tetangga, Malaysia.

Jeritan Hati Sopir Ambulans Makamkan Jenazah Pasien Corona di Jakarta:

“Demikian pula dengan polda yang berbatasan dengan negara tetangga, seperti misalnya Polda Kalimantan Utara yang berbatasan dengan Malaysia (negara bagian Sabah dan Sarawak). Diharapkan (Polda Kaltara) dapat lebih profesional dalam mengatasi gangguan keamanan di perbatasan negara, seperti misalnya people smuggling, illegal fishing, membanjirnya barang-barang buatan luar negeri secara gelap, masuknya narkoba dan kekhawatiran masuknya jaringan teroris,” ucap Poengky.

Dia kemudian berpesan agar ketujuh polda juga menyiapkan sumber daya manusia (SDM)-nya, serta melengkapi sarana dan prasarana layaknya polda tipe A. Peningkatan jumlah kantor-kantor polisi, menurut Poengky, juga harus dilakukan.

“Polda-polda yang naik tipe tersebut harus meningkatkan jumlah dan kapasitas sumber daya manusia, melengkapi sarana dan prasarana, serta pemenuhan anggaran. Secara bertahap diharapkan dapat melengkapi pembangunan polsek atau polres yang masih kurang, agar pelayanan kepada masyarakat lebih maksimal,” tutur dia.

Baca juga:Kompolnas Minta Kompol Fahrul Juga Diperiksa Terkait ‘Pamer’ Gaya Hidup Mewah

Selanjutnya, Poengky berharap Polda Papua Barat yang belum memiliki Sekolah Polisi Negara (SPN), segera membangun SPN saat resmi dinaikkan statusnya. Terakhir, Poengky menyarankan jika peningkatan tipe polda tak membawa perubahan signifikan di sisi kinerja, maka diturunkan lagi statusnya menjadi tipe B.

“Saya berharap Polda Papua Barat dalam waktu dekat sudah dapat membangun Sekolah Polisi Nasional Polda Papua Barat agar kebutuhan SDM dapat segera terpenuhi. Demikian pula dengan Polda Kalimantan Utara dan Polda Sulawesi Barat, yang sedang membangun Sekolah Polisi Nasional di daerahnya agar dapat dipercepat guna dapat melaksanakan sendiri pendidikan pembentukan maupun pelatihan bagi anggotanya,” kata Poengky.

“Peningkatan tipe Polda ini akan dievaluasi secara berkala, sehingga memungkinkan jika ternyata dalam pelaksanaan tugas-tugasnya dianggap kurang maksimal, maka tipe akan diturunkan,” tandas dia.

Dikonfirmasi terpisah, Asisten Kapolri bidang SDM (As SDM) Irjen Eko Indra Heri menuturkan surat persetujuan peningkatan tipe pada 7 polda dikirim Menpan RB Tjahjo Kumolo ke Polri sekitar sepekan lalu, “Seingat saya satu minggu yang lalu.”(aud/fjp)

Sumber: D etik.com

Link sumber: https://news.detik.com/berita/d-4980602/7-polda-akan-naik-tipe-a-kompolnas-harus-tingkatkan-kinerja?single=1