Kompolnas Apresiasi Inovasi Penanganan Dumas Di Polda Sumatera Selatan

Palembang, Sumatera Selatan – Dr. Benny Jozua Mamoto, S.H., M.Si., selaku Ketua Harian Kompolnas bersama Poengky Indarti, S.H., LL.M., selaku Anggota Kompolnas dan tim melaksanakan kunjungan kerja ke Polda Sumatera Selatan dalam rangka Pengawasan Pilkada 2024 dan Klarifikasi Saran dan Keluhan Masyarakat di wilayah hukum Polda Sumatera Selatan pada tanggal 27 s.d. 28 Mei 2024.

Dalam kunjungan kerja tersebut, Kompolnas mengapresiasi inovasi oleh Polda Sumsel dalam rangka pengamanan Pemilu dan Pilkada 2024 seperti pembuatan aplikasi Pam TPS, pembuatan buku saku Ops Mantap Brata 2023 – 2024 Polda Sumsel, pembuatan mobile command center, dan pengadaan HT Hyteria untuk jajaran Sat Brimob dan jajaran Polsek di Polda Sumsel.

Selain itu, Poengky Indarti mengapresiasi pengamanan Pemilu 2024 dan Pengamanan Lebaran yang telah berjalan lancar sehingga situasi tetap aman dan kondusif. Apresiasi juga disampaikan atas menurunnya jumlah tilang di wilayah hukum Polda Sumatera Selatan. Terkait kasus menonjol, beliau mengingatkan agar adanya antisipasi atau pencegahan jangan sampai kasus menonjol dimanfaatkan oleh calon kandidat

Adapun dalam konteks penanganan aduan masyarakat, Dr. Benny Jozua Mamoto, S.H., M.Si. mengingatkan bahwa komunikasi dan transparansi menjadi kunci dalam penanganan kasus.

Lebih lanjut, Ketua Harian Kompolnas mengapresiasi inovasi Polda Sumatera Selatan terkait Bantuan Polisi (Banpol) berupa Barcode yang bisa diakses oleh semua masyarakat. Barcode terhubung ke Whatsapp yang dipantau langsung oleh Kapolda Sumsel. Melalui whatsapp tersebut, masyarakat dapat menyampaikan aduan bahkan menanyakan perkembangan penanganan aduan serta keluhan dalam proses penanganan aduan tersebut. Aduan yang disampaikan langsung ditindaklanjuti oleh Kapolda Sumsel dengan menembuskan aduan tersebut ke Satker atau pihak terkait.

Kompolnas juga mengapresiasi Polda Sumsel yang telah menerima penghargaan Rekor Muri atas penanganan aduan masyarakat terbanyak melalui kanal Banpol, pengungkapan dan penanganan kasus pembalakan liar dengan barang bukti terbanyak serta pengungkapan dan penanganan kasus BBM illegal dengan barang bukti terbanyak.

Pengawasan Melekat juga menjadi hal yang sangat penting dan perlu diperhatikan terutama saat ini data kasus bunuh diri oleh anggota menunjukkan adanya peningkatan yang tajam. Ketua Harian Kompolnas juga mengingatkan para anggota khususnya yang bertugas agar selalu menjaga Kesehatan dan dapat menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab. (Nan)

Tim Humas Kompolnas.


Posted

in

by

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *