Kompolnas Kunjungi Polda Sulawesi Utara Pantau Kesiapan Pengamanan Pilkada 2024

Sulawesi Utara – Kompolnas dipimpin oleh Ketua Harian Kompolnas Dr. Benny Jozua Mamoto, S.H., M.Si. melaksanakan kunjungan kerja ke Polda Sulawesi Utara dalam rangka pengawasan kesiapan pengamanan Pilkada Serentak 2024 serta klarifikasi saran dan keluhan masyarakat, Selasa, (21/05/2024). Kegiatan ini disambut baik oleh Kapolda Sulawesi Utara Irjen Pol Yudhiawan, S.H., S.I.K., M.H., M.Si. Dan di hadiri oleh seluruh PJU Polda Sulawesi Utara

Dalam sambutannya Benny Mamoto menyampaikan bahwa menurut laporan We Are Social, jumlah pengguna aktif media sosial di Indonesia per Januari 2024 sebanyak 139 juta orang atau setara dengan dengan 49,9% dari populasi penduduk Indonesia, sehingga dengan mudahnya kasus diviralkan. Benny mengingatkan bahwa harapan masyarakat kepada Polri agar dapat melakukan penanganan kasus secara profesional, cepat, tepat, transparan dan akuntabel.

Kompolnas mengaharapkan agar pada saat gelar khusus henti lidik/sidik wajib menghadirkan pelapor agar pelapor dapat menyampaikan argumentasi dan memberikan tambahan bukti. Hal ini merupakan wujud transparansi dalam penanganan kasus.

Selain transparansi dalam penangan kasus sangat penting adanya komunikasi, seperti mendengarankan keluhan, keberatan, bahkan harapan dari pihak pelapor dan penasehat hukum.

Adapun hal yang perlu diwaspai bahwa trend bunuh diri pada anggota Polri meningkat tajam. Perlu adanya pengawasan melekat dari atasan langsung kepada anggotanya kemudian memberikan arahan, petunjuk, bimbingan karena atasan langsung merupakan orang yang mengenal pribadi, kebiasaan, perilaku dan tabiat anggotanya, atasan langsung juga adalah orang yang tau adanya perubahan perilaku, sikap, kebiasaan, dan kondisi anggotanya. (Nan)

Tim Humas Kompolnas.


Posted

in

by

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *