Kompolnas Kunjungi Polda Kalbar dan Polresta Pontianak Untuk Klarifikasi Kasus Menonjol dan Pengawasan Pengamanan Pemilu 2024

Pontianak, Kalimantan Barat – Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Republik Indonesia dalam hal ini diwakili oleh Komisioner Dr. Yusuf Warsyim, S.Ag., M.H. Melakukan kunjungan kerja ke wilayah hukum Polda Kalimantan Barat (Kalbar) pada Rabu (15/05/24). Kunjungan ini bertujuan untuk melakukan klarifikasi terkait beberapa kasus menonjol dan melakukan analisa dan evaluasi (anev) terkait pengawasan penyelenggaraan Pemilu 2024 di Polda Kalbar dan Polresta Pontianak.

Dalam kunjungannya ke Polda Kalbar, Komisioner Yusuf Warsyim didampingi oleh Kabag Hukum, Informasi dan Komunikasi Kombes Pol Joko Purwanto, S.H., S.I.K. bertemu dengan Kapolda Kalbar, Irjen Pol. Pipit Rismanto, S.I.K., M.H. dan para Pejabat Utama (PJU) Polda Kalbar. Dalam pertemuan tersebut, Yusuf Warsyim mendapatkan penjelasan terkait kasus menonjol yang dilaporkam Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) di Polda Kalbar dan Polres Ketapang dengan hasil klarifikasi pengaduan masih dalam proses penyelidikan dan penanganan yang dilakukan oleh Penyidik sudah sesuai dengan ketentuan untuk kemudian rencana tindak lanjut penanganan akan dilakukan Gelar Perkara di Polda untuk menentukan Tindak Pidana atau bukan.

Yusuf Warsyim juga memberikan apresiasi kepada Polda Kalbar dan jajaran atas kinerjanya dalam menangani berbagai kasus. Ia menekankan pentingnya Polri untuk terus meningkatkan profesionalisme dan akuntabilitas dalam menjalankan tugasnya. Dan terus mengingatkan agar penanganan pengaduan dilaksanakan secara Profesional dan Proporsional sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Selain melakukan klarifikasi kasus menonjol, Tim Kompolnas juga melakukan anev pelaksanaan pengaman Pemilu 2024 yang dilaksanakan oleh Polda Kalbar. Paparan yg dilakukan oleh Karo Ops KBP M Subhan SIK, M.H, secara garis besar pelaksanaan pengamanan Pemilu 2024 berjalan dengan lancar, aman dan kondusif berkat kebijakan Kapolda Kalbar dengan melakukan penegakkan hukum yg tegas dan dengan melaksanakn pelatihan kepada seluruh jajaran dalam mengantisipasi terhadap gangguan yang akan terjadi, selain di Polda Kalbar Tim juga mengunjungi Polresta Pontianak dan bertemu dengan Wakapolresta Pontianak, AKBP M.B. Dharma S.I.K., M.H. beserta PJU Polresta Pontianak. Dalam pertemuan tersebut, Yusuf Warsyim melakukan anev terkait pengawasan penyelenggaraan Pemilu 2024 di wilayah Polresta Pontianak. Yusuf Warsyim mengapresiasi kinerja Polresta Pontianak dalam mengawasi jalannya Pemilu 2024. Ia menilai bahwa Polresta Pontianak telah bekerja dengan baik dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama Pemilu berlangsung.
Yusuf Warsyim juga menambahkan beberapa catatan kepada Polresta Pontianak. Ia meminta agar Polresta Pontianak terus meningkatkan koordinasi dengan berbagai pihak terkait, seperti Bawaslu, KPU, dan Instansi terkaot lainnya, dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat selama Pemilu berlangsung. Yusuf Warsyim juga meminta agar Polresta Pontianak terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait pentingnya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat selama Pemilu berlangsung.

Kunjungan kerja Komisioner Kompolnas Yusuf Warsyim ke Polda Kalbar dan Polresta Pontianak diharapkan dapat meningkatkan kinerja Polri dalam menangani berbagai kasus dan mengawasi pengamanan penyelenggaraan Pemilu 2024. (Nan)

Tim Humas Kompolnas


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *